• Minggu, 19 Mei 2024

Back to Home

   DETAIL BERITA

post-image

100 Siswa SMP, SMA dan SMK Se-Kota Bandung Ikuti Pengutan Moderasi Beragama dan Pengembangan Karakter

Sebanyak 100 siswa SMP, SMA dan SMK perwakilan pengurus Rohani Islam (ROHIS) dari masing-masing sekolah se-kota Bandung mengikuti kegiatan Penguatan Moderasi Beragama dan Pengembangan Karakter yang diselenggarakan Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kementerian Agama Kota Bandung di V Hotel Jl. Setrasari Bandung. 

Hadir dalam acara pembukaan Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi, Kepala bagian Kesra Pemkot Bandung Momon Ahmad Imron, Kepala Seksi PAIS Iman Aminuddin dan Kepala Sub Koordinasi Keagamaan Pemkot Bandung.    

Iman Aminuddin menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari ini yakni dari tanggal 23 s.d 25 November 2022. Para peserta diberikan wawasan dan pengetahuan tentang konsep moderasi beragama serta dilatih mengembangkan karakter untuk menjadi generasi mendatang yang religius, nasionalis, mandiri, empati serta berintegritas. Serta menumbuhkan karakter para aktivis rohis yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. 

“Pada kegiatan ini kami menghadirkan narasumber dan fasilitator tingkat nasional baik dari MGMP PAI SMA dan SMK, akademisi dan praktisi remaja. Selain itu hadir pula narasumber dari pemerintah kota Bandung. Pada hari kedua para peserta mendapatkan materi pengembangan karakter dengan metode outbond.” Kata Iman Aminuddin.  

“Setelah pelatihan ini kita berharap para peserta pelatihan dapat mengembangkan cara berpikir dan berperilaku yang positif yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.” Kata Iman Aminuddin lagi. 

Selanjutnya dalam kesempatan itu Iman Aminuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota Bandung yang telah memberikan bantuan pemberian anggaran hibah untuk pelaksanaan kegiatan penguatan moderasi beragama dan pengembangan karakter bagi siswa SMP, SMA dan SMA pada tahun 2022. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada Walikota Bandung dan seluruh jajaran yang telah memberikan kepercayaan begitu besar kepada Kementerian Agama mellaui pemberian dana hibah untuk berbagai kegiatan agama dan keaagamaan di kota Bandung, khususnya dalam upaya pelaksanaan penguatan moderasi beragama di kota Bandung.” Tutur Iman Aminuddin.

 

Kontributor: Agus Saparudin 

Kontributor : Muhammad Riyadi
Editor : Agus Saparudin