• Senin, 06 Mei 2024

Back to Home

   DETAIL BERITA

post-image

Sri Wahyuni Solihah S.Ag., M.Pd., Penyuluh Agama Islam Kota Bandung, Membawa Inovasi Berbasis Keagamaan, Sinergi Komunitas dan Pemanfaatan Teknologi d

Bandung, Indonesia - Sri Wahyuni Solihah, Penyuluh Agama Islam Kota Bandung, telah mencapai tonggak penting dalam upaya pencegahan stunting melalui inovasi program PEPELING. Sebagai seorang pemimpin yang berdedikasi dalam bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat, Sri Wahyuni Solihah telah berkontribusi signifikan dalam memerangi stunting di Kota Bandung. Keaktifan beliau dengan berbagai komunitas dan juga berbagai OPD di antaranya DPPKB, Dinas Kesehatan dan DP3A Kota Bandung yg terus berkomitmen terhadap cegah stunting ini, ataupun dengan OPD lainnya. Sinergitas ini memperkuat program dan memastikan bahwa upaya pencegahan stunting dapat mencapai seluruh lapisan.

Sejak 2018, Sri Wahyuni Solihah telah memegang berbagai posisi penting, termasuk Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Bandung, Sekretaris Pokja II TP PKK Kota Bandung, dan Ketua Bidang Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia di Jawa Barat. Dia juga aktif sebagai pengasuh di beberapa Majelis Talim di Kota Bandung dan Ketua BKMM (Badan Koordinasi Majelis Talim Masjid) di Kecamatan Coblong.

Program PEPELING, singkatan dari Penyuluh Peduli Stunting, adalah inovasi Sri Wahyuni Solihah dalam memerangi stunting. Program ini menggabungkan pendekatan pendidikan dan kesehatan masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang stunting kepada masyarakat luas. Program ini telah berhasil menjangkau berbagai lapisan masyarakat dan telah memberikan dampak positif dalam peningkatan pemahaman masyarakat tentang stunting.

Sri Wahyuni Solihah juga telah menulis berbagai buku dan artikel yang berfokus pada pendidikan dan kesehatan masyarakat. Beberapa karyanya termasuk "Modul Cerdas: Catatan Kader Posyandu Peduli Stunting", "Buku Panduan PEPELING", "Public Speaking for Women", dan berbagai buku puisi dan cerita anak.

Prestasi Sri Wahyuni Solihah tidak terbatas pada penulisan dan pendidikan saja. Dia juga telah meraih berbagai penghargaan, termasuk juara pidato Bahasa Arab dan Inggris, juara puisi serta juara bercerita di Jawa Barat.

Beliau juga sering mendapat Penghargaan sebagai Penulis lagu lagu pendidikan, kesehatan dan lingkungan di Kota Bandung. Namun, Sri Wahyuni Solihah tidak berhenti di sini. Dengan semangat inovasi dan dedikasi yang tak kenal lelah, ia memimpin transformasi PEPELING menjadi ABDI PEPELING - Aplikasi Bersama Dalam Implementasi Penyuluh Peduli Stunting dengan Memanfaatkan Teknologi dari Fammi (Platform Edukasi dan Kesehatan asal Indonesia).
Program ini menggabungkan kekuatan komunitas keagamaan dengan teknologi terkini untuk memberikan akses yang lebih luas dan fleksibel kepada masyarakat, khususnya orang tua.

ABDI PEPELING menawarkan berbagai layanan seperti layanan konseling online, forum konsultasi, dan serangkaian e-book tentang stunting. Selain itu, program ini juga memfasilitasi survei dan skrining berkala untuk memantau perkembangan dan efektivitas program.
Masyarakat dapat langsung mendownload Aplikasi Fammi di Playstore dan Memasukan Kode Program abdipepelingbandung untuk dapat merasakan layanan tersebut.

Program PEPELING telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk KEMENAG Kota Bandung. Program ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif dalam upaya pencegahan stunting di Kota Bandung.

Dengan inovasi dan dedikasi Sri Wahyuni, PEPELING dan ABDI PEPELING telah menjadi model untuk pencegahan stunting dan peningkatan kesehatan masyarakat di Kota Bandung.

Kontributor : Muhammad Riyadi
Editor : Agus Saparudin