• Minggu, 19 Mei 2024

Back to Home

   DETAIL BERITA

post-image

30 ASN Kemenag Kota Bandung Ikut PDWK Teknis Substantif Administrasi Pelayanan Publik

Soekarno Hatta (INMAS Kota Bandung) 

Sebanyak 30 orang ASN Kemenag Kota Bandung mengikuti Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Pelayanan Publik Angkatan I yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung, Senin (13/02/2023) bertempat di Aula Kankemenag Kota Bandung. 

30 orang peserta PDWK tersebut merupakan perwakilan dari satuan kerja di lingkungan  Kantor Kemenag Kota Bandung, KUA dan Madrasah Negeri. Diklat tersebut berlangsung selama 6 hari, mulai hari Senin tanggal 22 Februari sampai Sabtu tanggal 27 Februari 2023. 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Bandung, Irwan Nurjaman yang membuka secara resmi PDWK Pelayanan Publik menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepada Balai Diklat Keagamaan Bandung atas terselenggaranya kegiatan PDWK. 

“Program peningkatan kompetensi dan keterampilan bagi pegawai khususnya bidang administrasi pelayanan publik memang sebuah keharusan, hal itu tentunya menjadi bagian dari upaya kemenag untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat,  yang dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan seperti PDWK yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Bandung” Tutur Irwan Nurjaman. 

“Pelayanan publik sangat penting, dan kita harus sadar sebagai khodimul ummah, maka harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya pada masyarakat”. Tutur Irwan Nurjaman lagi. 

Karena itu kepada para peserta Irwan Nurjaman mengingatkan agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan menjadikan pelatihan ini sebagai wahana untuk menimba ilmu yang nantinya akan diimplentasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas kerja di kantor. Selain itu para peserta juga dapat membagi ilmu kepada rekan kerjanya. 

Selanjutnya Irwan Nurjaman mengatakan dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan bidang agama dan keagamaan pada masyarakat, awal tahun 2020 lalu Kantor Kementerian Agama Kota Bandung telah membuka Pelayanan Terpadu satu Pintu (PTSP). 

Sebelumnya pada tahun 2016 yang lalu, Kantor Kementerian Agama Kota Bandung telah membangun gedung Pelayanan Haji Satu Atap sebagai upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat khususnya untuk tata kelola pelayanan pendaftaran ibadah haji. 

“Adanya Pelayanan Terpadu satu Pintu ini maka masyarakat akan mendapat pelayanan keagamaan dengan mudah dan nyaman dan langsung tertangani. Artinya  memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan. Sejalan dengan tujuannya maka PTSP Kantor Kementerian Agama Kota Bandung ini akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, menyederhanakan proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, akuntabel dan  terjangkau.” Jelas Irwan Nurjaman.

 

Kontributor: Agus Saparudin

Kontributor : Muhammad Riyadi
Editor : Agus Saparudin