• Minggu, 19 Mei 2024

Back to Home

   DETAIL BERITA

post-image

ASN Kemenag Kota Bandung Ikuti Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama

Jakarta (Humas Kota Bandung) 

Sebanyak 100 orang ASN perwakilan Kemenag Kota Bandung ikut berpartisipasi dalam kegiatan Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama yang dilaksanakan Kementerian Agama RI dalam rangka puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, Sabtu (14/01/2023) di Halaman Komplek Gedung perkantoran Kementerian Agama RI.    

Pada kegiatan tersebut selain dihadiri ribuan ASN Kementerian Agama, juga dihadiri masyarakat dan para tokoh agama yang secara bergantian membacakan doa, yaitu KH Aunullah A'la Habib (Islam), Pendeta Jimi MI Sormin (Kristen), Romo Agustinus Heri Wibowo (Katolik), Wisnu Bawa Tenaya (Hindu), Asun Gautama (Buddha), dan Xs. Budi Santoso Tanuwibowo (Khonghucu). 

Selain itu hadir pula para tokoh penghayat kepercayaan, serta tokoh pemuda dan perempuan dari berbagai agama, antara lain Alissa Wahid, Sunanto (Ketua Pemuda Muhammadiyah), tokoh pemuda Katolik, Kristen, Konghucu, Buddha, dan Hindu. Dari kalangan influencer, hadir antara lain Habib Husein Jakfar (Islam), Frans Nicholas (Kristen), Olga Lydia (Katolik), dan Cecilia (Khonghucu). 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka kegiatan Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama tersebut yang hadir didampingi, Wamenag Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar Ali, serta pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama. 

Dalam acara pembukaan juga dibacakan Deklarasi Damai Umat Beragama. Pembacaan deklarasi ini dipimpin oleh pendakwah yang juga influencer Indonesia, Habib Husein Jakfar Al Hadar. Dalam deklarasi tersebut, para tokoh agama bersama ASN Kemenag yang hadir menegaskan komitmen mereka untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye dan aktivitas politik praktis.  

Dalam deklarasi yang dibacakan Habib Husein Jakfar yakni salah satu poinnya  berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadat sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yang tertuang dalam Undang-Undang Pemilu. Serta komitmen untuk menegaskan komitmen kebangsaan, menguatkan moderasi beragama, serta menghindari segala bentuk kebencian.

Sementara itu dalam keterangannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung H. Tedi Ahmad Junaedi mengatakan pada kegiatan di Jakarta ini kontingen kota Bandung berjumlah 100 ASN yakni para pejabat eselon IV, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan JFU-JFT di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. 

Peserta gerak jalan kota Bandung berangkat bersama dari Asrama Haji Bekasi Jawa Barat   pada hari Sabtu pukul 05.30 pagi. Dimana sebelumnya pada hari Jum’at malam mengikuti kegiatan p[embinaan oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali dan  Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat Ajam Mustajam  bersama dengan 26 perwakilan dari Kementerian Agama Kota/kabupaten lainnya. 

 

Kontributor : Agus Saparudin

Kontributor : Muhammad Riyadi
Editor : Agus Saparudin