• Minggu, 19 Mei 2024

Back to Home

   DETAIL BERITA

post-image

Bersama Tokoh Lintas Agama Kankemenag Kota Bandung Gelar FGD

Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Kota Bandung kembali menggelar Olimpiade Santri Pendidikan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKQ) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Se-Kota Bandung Tahun di 2022, Minggu (04/12/2022) yang berlangsung di Komplek Kampus UNINUS Bandung.

Kegiatan olimpiade tersebut berlangsung sangat meriah dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung H. Tedi Ahmad Junaedi. Hadir pula dalam acara pembukaan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah H. Fahmi Farhan, Kasubag Keagamaan Kesra Pemerintah Kota Bandung Nasrulloh Jamaludin, Ketua FKPQ Kota Bandung Hj. Rida Rosida, Ketua FPP Kota Bandung, KH. Aceng Dudung, Ketua FKDT Kota Bandung, Aceng Syamsudin, dan Ketua KKMT Kota Bandung Cecep .

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah H. Fahmi Farhan dalam laporannya menyampaikan ajang Olimpiade Santri TKQ/TPQ ini diikuti oleh 500 santri. Cabang lomba yang diperlombakan yakni Mewarnai Kaligrafi, Tahsinul Kitab, Tari Islami Asmaul Husna, Senam Hijaiyah dan Tahfidz Al Qur’an. Untuk kecamatan yang berhasil meraih predikat juara umum akan membawa Piala bergilir Walikota Kota Bandung dan Piala tetap dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung.   

Kemuduian H. Fahmi Farhan juga mengatakan dengan kegiatan olimpiade santri TKQ/TPQ ini diharapkan akan mampu meningkatkan eksistensi santri pendidikan Al-Qur’an khususnya lembaga pendidikan TKQ/TPQ yang saat ini tengah menjadi primadona di masyarakat.

“Selain itu kami juga berharap dengan kegiatan olimpiade ini dapat membangun semangat kompetisi santri yang sehat dan mengapresiasi bakat dan minat para santri TKQ dan TPQ dalam bidang agama dan kreativitas seni sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri dan jiwa berkompetisi yang dijiwai oleh nilai-nilai kejujuran” Lanjut H. Fahmi Farhan.

Sementara itu Ketua FKPQ Kota Bandung Hj. Rida Rosida mengatakan agar lomba pelaksanaan olimpiade santri TKQ/TPQ dapat dilaksanakan sebaik mungkin panitia menghadirkan dewan hakim atau juri dimana mereka adalah orang-orang profesional dan kompeten dibidangnya yang berasal dari Pondok Pesantren dan Kampus STSI Bandung.   

“Olimpiade santri TKQ/TPQ tingkat kota Bandung tahun 2022 merupakan agenda dua tahunan FKPQ Kota Bandung. Kegiatan olimpiade ini diharapkan akan mampu meningkatkan eksistensi santri pendidikan Al-Qur’an khususnya lembaga pendidikan TKQ/TPQ yang saat ini tengah menjadi primadona di masyarakat.” Tutur Rida Rosida.  

 

Kontributor: Agus Saparudin

Kontributor : Muhammad Riyadi
Editor : Agus Saparudin